Janji

janjiTidak hanya orang yang dimabuk cinta, yang selalu menghiasi dengan segala janji, tapi juga dalam pekerjaan orang juga selalu berjanji. Karena janji adalah komitmen. Karena janji juga adalah ukuran kemampuan seseorang dalam bekerja secara profesional. Jika tidak bisa berjanji maka bisa dikatakan diragukan keprofesionalannya. Itu bisa diterima jika berada pada posisi suatu pekerjaan tersebut tidak membutuhkan hal-hal penunjang eksternal.

Tapi sebenarnya butuh banyak proses agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Di satu sisi jika terlalu mudah berjanji, maka justru akan berpengaruh pada kondite dan nama baik personal. “Proses” itu yang tidak banyak diketahui oleh yang menagih janji.

Dalam hal pekerjaan banyak yang meminta kepada saya berapa lama tenggat waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Suatu pertanyaan yang sangat sulit karena “proses” itu tadi yang sebagian besar bukan pekerjaan utamanya, tetapi penunjang pekerjaannya. Hal ini tidak bisa diabaikan karena menjadi satu mata rantai dalam proses pekerjaan. Tak ayal, saya harus pintar bernegosiasi atau mungkin tepatnya berkonsolidasi, agar mendapatkan satu komitmen lunak. Tentu saja, pekerjaan tersebut tetap harus dikerjakan, setelah semua rangkaian proses terlampaui.

Hal penting lainnya adalah, komunikasi yang baik, agar bisa terjalin suatu kepercayaan tanpa mewajibkan komitmen. Sehingga, semua hasil pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik, tanpa ada tekanan atau tenggat waktu, yang bisa berefek pada hasil pekerjaan yang kurang baik.

Jadi, memang janji atau komitmen adalah hutang. Jika ingin berjanji pastikan dan yakinkan bahwa semua rantai proses bisa terlalui. Kalau tidak yakin, niatkan dan yakinkan sang pemberi pekerjaan agar bisa menerima alasan-alasan kita, bukan untuk menghindari pekerjaan, tapi memberikan ruang waktu yang cukup untuk menyelesaikan prosesnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s