Manajer

manajerKomunikasi dan koordinasi menjadi poin utama dalam sebuah organisasi. Tanpa itu, semua pekerjaan atau kegiatan akan berjalan tanpa arah. Sehingga tujuan yang dimaksud besar kemungkinan tidak akan tercapai. Dan ternyata inilah yang saya bayangkan menjadi seorang manajer. Sangat sulit mempengaruhi orang agar melakukan apa yang kita minta. Mau tidak mau suka atau tidak suka, terkadang akhirnya kita sendirilah yang mengerjakan pekerjaan itu. Jika sampai begitu, maka itulah kegagalan seorang manajer.

Terus terang, modal dasar pengalaman dalam berorganisasi saya sangatlah minim. Ternyata saya harus menghadapinya sekarang. Banyak hal yang harus saya pelajari, dan yang paling sulit adalah membuat orang mengerjakan sesuai keinginan kita.

Tantangan yang paling besar adalah menciptakan orang yang mau bekerja karena tanggung jawabnya, bukan karena ada iming-iming terlebih dahulu. Akibatnya agar mau melakukan suatu pekerjaan, harus menyiapkan modal khusus dulu agar bisa bergerak. Dan memang saya perhatikan, sepertinya harus begini. Seorang manajer harus berkorban terlebih dahulu. …. Nasib…nasib

Tinggalkan Balasan

