RELOKASI RUMAH SAKIT

Relokasi Rumah Sakit dimungkinkan dikarenakan, bangunan Rumah Sakit sebelumnya sudah mengalami masa usia yang cukup tua, juga pengembangan untuk merenovasinya sudah tidak memungkinkan. Selain itu juga ada kepentingan mengenai masalah tata ruang kota dimungkinkan juga untuk merelokasi Rumah Sakit.

Tahun ini di tempat saya bekerja yaitu RSU Daerah Provinsi akan merelokasi rumah sakit, ke daerah pinggiran kota. Relokasi Rumah Sakit tentu berbeda dengan relokasi kantor secara umum, mengingat bukan hanya barang yang dipindahkan, tetapi juga pasien dan alat kesehatannya. Karena berkaitan dengan nyawa maka dibutuhkan suatu rencana yang strategis agar semua tahap relokasi berjalan dengan baik.

Saya akan membahas tentang alat kesehatannya. Seperti yang kita ketahui, alat kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan kebutuhannya dari rumah sakit, karena sebagai terapi atau diagnostik untuk pasien. Penanganannya pun haruslah berbeda. Ini saya jelaskan beberapa tahapan untuk relokasi alat kesehatan.

1. TAHAPAN PRA INSTALL

Tahapan Pra-Install adalah tahapan kegiatan pemenuhan penunjang alat, yg berada diluar fungsi internal alat itu sendiri, agar bisa bekerja optimal . Contohnya : Pembuatan grounding, pengkondisian suhu, Kestabilan listrik..dan lain-lain

2. TAHAPAN UN-INSTALL

Tahapan pembongkaran alat kesehatan, terutama alat kesehatan yg mempunyai ukuran besar seperti alat rontgen, CT-Scan, Operating Lamp, dan lain-lain. Diatur sedemikian lupa, agar tidak menyulitkan  pada saat RE-INSTALL

3. TAHAPAN RE-INSTALL

Tahapan menyusun kembali, setelah alat berada ditempatkan diruangan atau tempat yang baru.

4. TAHAPAN UJI FUNGSI DAN UJI COBA

Tahapan mengoperasikan kembali alat kesehatan yang telah di Install. Kondisi harus sama pada saat sebelum dipindah. Fungsi tombol atau pengaturan berfungsi dengan baik, dan uji coba bisa dilakukan dengan simulasi .

Karena sangat pentingnya alat kesehatan bagi treatmen pasien maka harus selalu “patient safety oriented”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s