Mudik … !!

wpid-20150523_171404.jpg“Mudik” sejak tinggal di P. Lombok merupakan suatu kegiatan yang sangat langka, atau sulit dilakukan . Jarak yang jauh, juga ongkos yang besar bikin berat rasanya mau mudik. Jaman-jaman ketika masih tinggal di Tangerang, hampir setiap tahun melakukan mudik. Pemberitaan yang cukup intens di media, membuat mudik semakin semarak.

Semua orang pasti sudah tahu, bahwa yang namanya mudik itu sebenarnya sengsara, tapi menyenangkan. Mengapa begitu ? Karena yang merasakan tidak hanya sendiri, tapi semua orang merasakan yang sama. Dari mulai kehabisan tiket, hingga berpanas-panas ria diperjalanan, macet, dan lain sebagainya, semua itu terasa menyenangkan apa lagi kalau sudah sampai tujuan di kampung.

Kendaraan yang menjadi favorit tiap lebaran adalah kereta api. Tapi kayaknya ini khusus yang tinggal di daerah yang ada rel kereta apinya, sedangkan yang jauh dan antar pulau bisa pesawat terbang atau kapal laut. Kebetulan, saya di luar pulau Jawa dan tidak ada rel kereta api. Opsionalnya adalah, bis, kapal laut dan pesawat terbang. Dua hal yang pertama saya coret, karena bersentuhan dengan yang namanya laut. Pilihan terakhir adalah Pesawat Terbang.

Saat ini pesawat terbang bisa dikatakan bersaing dengan transportasi lainnya. Bisnis maskapai murah sedang menjamur. Tapi, tentu saja saat momen-momen tertentu, dimana permintaan banyak, pasti harga akan naik. Dan ini harus bisa disiasati. Memesan tiket jauh-jauh hari sudah disiapkan. Pemesanan juga dilakukan melalui aplikasi “online travel” seperti Traveloka, atau Tiket.com. Karena jika menggunakan biro perjalanan, harga tiket tidak bisa dipantau.

Dan…akhirnya tiket pesawatpun didapat.Dengan harga kisaran 700 ribu an, sekali jalan dan “full-service” layaknya pelayanan maskot penerbangan Indonesia, saya kira cukup murah. Lombok – Jakarta biasanya adalah 900 ribu jika pada hari biasa, namun pada saat hari raya atau hari libur, melonjak hingga jutaan. Pelayanan tersebut sudah termasuk mendapat makanan di pesawat.

Setelah 13 tahun ..akhirnya bisa mudik  …….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s