STASIUN CIAMIS

Inilah kota pertama yang paling saya rindukan setelah bertahun-tahun tidak berkunjung kesini. Walaupun bukan kota kelahiran, namun disinilah saya merasa bahwa kehidupan saya bermula dari sini. Ciamis sebenarnya merupakan kampung nenek saya, yang setiap lebaran pasti mudik sekeluarga. Saking rutinnya, pas sekali gak mudik rasanya ada yang kehilangan pada saat hari raya lebaran. Satu lagi, hobi saya terhadap Kereta Api juga bermula dari kota ini, karena dengan transportasi kereta api jarak ke rumah nenek, cukup jalan kaki saja.

papannamaciamis2

Sta. Ciamis berada ditinggian 199 m diatas permukaan laut, dan berada di jalur Bandung-Kroya.  Ke arah  timur, stasiun selanjutnya adalah Bojong, dan kearah barat stasiun selanjutnya adalah Manonjaya.

stasiunciamisdepanDulu jalan di depan stasiun ini, merupakan jalur bus Antar Kota Antar Proviinsi, sehingga sebenarnya letak stasiun ini waktu itu sangat strategis. Namun sekarang, bus-bus AKAP tidak melewati jalan ini karena terminal bus berpindah ke sisi selatan pusat kota Ciamis.

stasiunciamis2Setelah sekian lama, gak pernah pulang kampung ternyata sta. Ciamis sudah mempercantik diri. Peron yang ditinggikan agar mempermudah penumpang untuk naik, kemudian repaint sehingga sekarang tampak cantik.

emplasemenciamis2Dari sini kita dapat melihat, sta. Ciamis terdiri dari 5 jalur dengan 1 jalur merupakan spoor badug (buntu). Sistem persinyalan sudah elektrik.

tandonairciamisIni merupakan menara air, yang dulu digunakan pada lokomotif uap untu mengisi air.

Walaupun keliatan besar, jumlah pemberangkatan kereta api melalui stasiun ini tidak seramai Tasikmalaya dan Banjar. Kereta yang berhenti disini yaitu, KA Serayu (Jakarta-Kroya), KA Pasundan (Bandung-Surabaya), KA Kahuripan ( Padalarang-Kediri), KA Kutojaya Selatan ( Kiara Condong-Kutoarjo), serta KA kelas Bisnis Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya Gubeng). Namun, PT KA DAOPS II Bandung 12 Agustus 2009 membuka relasi baru,yang ditujukan untuk penumpang daerah Priangan Timur ini. Nama KA nya adalah KA Priangan Ekspres kelas bisnis dan eksekutif dengan tujuan Pasar Senen-Banjar lewat Manggarai dan Tanah Abang.

ka.priangan ekspres di MRIGambar disamping merupakan rangkaian KA Priangan Ekspres yang berada di sta.  Manggarai.

ka priangan ekspres menuju THBKA Priangan Ekspres ditarik dengan lok CC 203.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s